Selasa, 09 Desember 2008

Mind set of Enterpreneur

Bagaimana membangun mind set kita agar bisa memiliki jiwa enterpreneur ???
Mungkin agak sedikit terlambat bagi kita untuk menyadari hal ini, akan lebih baik hasilnya bila kita memulai semuanya pada generasi kita. Pada anak-anak kita, sebaiknya kita memberikan keleluasaan mereka untuk mengetahui bakat dan kemampuannya, kemudian kita memfasilitasi ketertarikan mereka pada bidang tertentu, memasukkannya pada lingkungan yang kondusif, kreatif dan mendorongnya untuk berkembang maksimal.

Pola pengasuhan, pola pendidikan yang sebaiknya dijalankan harus sesuai dengan tujuan kita ini, akan lebih baik bila kita memasukkannya pada lingkungan pendidikan yang mengajarkan enterpreneur di salah satu kurikulumnya. Untuk tingkat universitas mungkin baru universitas Ciputra yang mengikuti pola pendidikan itu. Untuk pendidikan tingkat dasar dan menengah, mungkin agak sulit ditemui, sekolah dengan pola ini tidak dianut oleh sekolah-sekolah negeri. sekolah negeri cenderung mencetak manusia unggul dibidang akademik.

Untuk saat ini ada beberapa sekolah swasta yang mengikuti pola ini, setahu saya di sekolah yang menganut pola pembelajaran active learning, telah menyisipkan enterpreneurship pada kurikulumnya. Walaupun porsi yang ada masih kurang, tapi anak telah mulai dikenalkan dengan bidang kewirausahaan.

Jadi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk atas bangsa ini, dan untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik, seharusnya pemerintah mulai mengubah paradigma pendidikan yang ada. dan memasukkan enterpreneurship sebagai mata pelajaran di dalam kurikulum yang ada.

Tidak ada komentar: